Apa Itu PPC?




Salah satu Model Bisnis Online yang bisa dijalankan oleh pebisnis online / internet marketer adalah Pay Per Click (PPC).

Apa yang dimaksud dengan Pay Per Click (PPC) ?

Bayar per klik (bahasa Inggris:Pay per click) berarti dibayar tiap klik adalah sebuah metode kerjasama periklanan di internet dimana webmaster atau pemilik situs akan dibayar atas setiap klik pengunjung situs pada link iklan yang terpasang di situs web atau blog miliknya. Pada umumnya program - program PPC (Pay Per Click) mengisyaratkan blog atau situs web dengan menggunakan bahasa Inggris. Ada banyak sekali program-program PPC, salah satu di antaranya adalah:
Di antara semua program - program PPC, Google AdSense adalah salah satu yang paling banyak digemari oleh publisher karena kemudahan serta bukti yang nyata untuk menghasilkan dolar dengan memasang iklan di situs web atau blog. Dengan semua ini kita bisa menghasilkan penghasilan dolar dari sebuah blog atau situs web. Semua program di atas adalah salah satu sebagian dari puluhan bahkan ratusan program-program affiliate yang berbentuk PPC (Pay Per Click).

Advertiser, adalah pihak yang memasang iklan. Advertiser ini akan membayar ke penyedia jasa PPC atas iklan yang dipasangnya. Advertiser akan membayar jika iklannya di klik. Biaya iklan didasarkan atas per klik yang besarnya bervariasi tergantung penawaran kita. Semakin besar harga penawaran per klik, semakin besar peluang iklannya muncul. Tetapi ada juga harga per klik yang tetap, misalnya Rp 500 per klik. Untuk memasang iklan di PPC, advertiser harus membayar terlebih dahulu, investasi terebih dahulu dengan jumlah tertentu. Jumlah investasi ini akan berkurang jika iklannya ada yang meng klik. Makin banyak klik, maka uangnya makin habis.

Publisher, adalah pihak yang menerbitkan / menayangkan iklan. Publisher menyediakan situs / web / blog untuk tempat memasang iklan. Iklan PPC ini diambil dari penyedia jasa PPC, dengan cara mengambil kode iklan, lalu dipasang di situs kita.  Apabila iklan di situs kita ini ada yang meng klik, maka kita dibayar oleh penyedia jasa PPC, yang perhitungannya per klik. Besarnya bayaran per klik ini bervariasi, tergantung penyedia jasa PPC, ada yang membayar sesuai dengan prosentase dan ada juga yang membayar dengan harga tetap.

Untuk PPC lokal yang bisa anda ikuti sebagai berikut :
1.      ppcindo
2.      Kumpilblogger
3.      Adsensecamp
4.      KlikSaya
5.      Adspeedy
6.      TinggalKlik
7.      SITTITechnology 
8.      idblognetwork.com